Home | Pengaduan | Space Iklan |   Minggu, 20 April 2014 

HIT COUNTER
 Sekapur Sirih
 Lambang Daerah
 Sejarah Lumajang
 Visi Misi
 Eksekutif
 Legislatif
 Kecamatan
 Layanan Perijinan
 Layanan PDAM
 Layanan Perhubungan
 Layanan Tenaga Kerja
 Layanan Perpustakaan
 Layanan Dinas Pasar
 Layanan Kependudukan
 Layanan PD Bank Pasar
 Layanan Bakesbangpol
 Inpres No 3 Thn 2003
 Dewan TIK Nasional
 ICT-PURA
 Portal Berita Info Publik
 Gerakan Ini Pohonku
dugel purwito :
di  perum kunir asri
18 April 2014

salam tuk alumni SMAN Tempeh angk 88 & SMPN 1 Kunir angk 85 salam prshabtan& kpan reuninya kang !

Bu Guru :
di  Kunir
17 April 2014

Kan banyak Yang pintar mbatik.. GO LUMAJANG !

Bu Guru :
di  Kunir
17 April 2014

Wah.. Toko kain rame banget.. Ternyata batik lumajangan lagi laris manis kayak kacang goreng karena ada instruksi Dari pak bup..gmna klo batiknya memberdayakan masyarakat lumajang kan banyak yang pint

Bu Guru :
di  Kunir
17 April 2014

Wah.. Toko kain rame banget.. Ternyata batik lumajangan lagi laris manis kayak kacang goreng karena ada instruksi Dari pak bup..gmna klo batiknya memberdayakan masyarakat lumajang kan banyak yang pint

moddod :
di  pasirian
17 April 2014

PERSONAL FRANCHISE SOLUSI BISNIS MODERN ...!!! Cari Kerja Sulit .... ?? , dan ingin punya penghasilan, waktu tidak terikat, bisa kapan pun anda lakukan, cara kerja fleksibel, dan a

Erik Yusuf Fahamsyah :
di  Jogotrunan
17 April 2014

Gimana kabarnya PSIL Lumajang ? Katanya masuk Liga Nusantara ya.. Semoga Semakin Maju ! :-)

feNdi :
di  sumbersuko
16 April 2014

Selamat sore, salam bwt para pemimpin lumajang yg dberkahi tuhan yme, usulan saja, uji kreatifitas masy.lumajang mgkin perlu diadakan lomba kreasi desain batik khas lumajang.. Dlm rangka peningkat


Kirim Salam     
 Username : 

 Password  :   
20 April 2014
Gerakan Ini Pohonku dan MADULI Bersama KIM Wijaya Kusuma Kec. Rowokangkung

14 April 2014
Monitoring UNAS SMA/ SMK/ MA se-Kab. Lumajang

10 April 2014
Pengukuhan Bunda Paud Kab. Lumajang

Indeks Agenda   
    Berita Lumajang
06 Agustus 2010
AWAL RAMADHAN JATUH PADA RABU, 11 AGUSTUS

[Lumajang.go.id] Berdasarkan teori hisab atau perhitungan matematis dan ilmu falaq yang mengacu pada al-Qur,an-Hadits, awal ramadhan atau awal puasa, jatuh pada hari Rabu, 11 Agustus 2010 yang akan datang. Sedangkan ijtima’ akhir sya’ban jatuh pada Selasa, 10 Agustus. Hal itu dijelaskan Kepala Seksi Urusan Agama Islam Kantor Kemestrian Agama RI Kab. Lumajang, Drs. M. Junaidi, saat sosialisasi hisab-ru’yat di aula kantornya, Jum,at Pagi (6/8).
Namun, tegasnya, meskipun secara hisab sudah ditentukan, awal ramadhan pada Rabu, 11 Agustus, tidak otomatis Kementrian menetukan berdasarkan hasil hisab. Sebab, ketentuan awal ramdhan dan syawal, menunggu hasil keputuan sidang itsbat Kementrian Agama RI berdasarkan ru’yatul hilal bil fi’li atau melihat hilal dengan mata langsung. Biasanya, siding itsbat dilakukan setelah mendapat laporan dari daerah seluruh Indonesia yang melakukan ru’yatul hilal bil fi’li.

Lebih jauh Kasi Urais menjelaskan, hasil rapat Tim Badan Hisab-ru’yat Kab. Lumajang, juga menyimpulkan, tinggi hilal pada hari Selasa, 10 Agustus 2010 berdasarkan hisab, posisinya sudah di atas ufuk 2 derajat, 18 menit, 39 detik. Bahkan hasil perhitungan tim, menghasilkan, pada hari Selasa itu, tinggi hilal di atas ufuk bisa 3 drajat lebih. Sedangkan lama hilal di atas ufuk sehinga dapat dilihat dengan mata telanjang, berlangsung sekitar 11 menit 26 detik.

Namun, khusus untuk datangnya waktu shalat maghrib saat umat Islam berbuka puasa, sudah dapat dilihat jadwal imsakiyah yang dikeluarkan Kementrian Agama Kantor Kab. Lumajang. Hanya saja, persoalannya yang perlu dipahami umat Islam di Kab. Lumajang, waktu berbuka puasa tidak bersamaan, antara dataran rendah di wilayah ibukota Lumajang, sengan dataran tinggi, seperti wilayah Desa Ranupane dan Desa Argosari. Hal itu, karena perbedaan waktu tenggelamnya matahari dan terbitnya matahari. Selisih waktu antara wilayah Ibukota Kabupaten Lumajang dengan Desa Ranupane dan Argosari, bisa sekitar 5 menit lebih.

Sementara itu, Ustadz Muh. Kun Muhadits, dalam kesempatan itu, menyampaikan, diperkirakan antara dua ormas Islam besar yaitu, Muhammadiyyah dan NU tidak ada perbedaan dalam penentuan awal ramdhan maupun 1 syawal. Hal itu, apabila mengacu pada ilmu astronomi yang digunakan untuk hisab. Namun, tegasnya, yanmg membedakan adalah cara menentukannya.

Adapun mengenai jadwal pelaksanaan ru’yatul hilal bil fi’li sebagaimana tahun-tahun lalu, dilaksanakan dua hari sebelum datangnya awal ramadhan yang diperkirakan dari hasil hisab. Begitu juga dengan ru’yatul hilal bil fi’li menjelang 1 syawal, dilaksanakan dua hari sebelum datangnya 1 syawal yang diperkirakan berdasarkan hasil hisab atau perhitungan secara ilmu falaq. (sl)


Berita Lainnnya :