Sabtu, 20 Desember 2014 
HOMEPENGADUANSPACE IKLAN
    Berita Lumajang

06 Agustus 2010
AWAL RAMADHAN JATUH PADA RABU, 11 AGUSTUS

[Lumajang.go.id] Berdasarkan teori hisab atau perhitungan matematis dan ilmu falaq yang mengacu pada al-Qur,an-Hadits, awal ramadhan atau awal puasa, jatuh pada hari Rabu, 11 Agustus 2010 yang akan datang. Sedangkan ijtima’ akhir sya’ban jatuh pada Selasa, 10 Agustus. Hal itu dijelaskan Kepala Seksi Urusan Agama Islam Kantor Kemestrian Agama RI Kab. Lumajang, Drs. M. Junaidi, saat sosialisasi hisab-ru’yat di aula kantornya, Jum,at Pagi (6/8).
Namun, tegasnya, meskipun secara hisab sudah ditentukan, awal ramadhan pada Rabu, 11 Agustus, tidak otomatis Kementrian menetukan berdasarkan hasil hisab. Sebab, ketentuan awal ramdhan dan syawal, menunggu hasil keputuan sidang itsbat Kementrian Agama RI berdasarkan ru’yatul hilal bil fi’li atau melihat hilal dengan mata langsung. Biasanya, siding itsbat dilakukan setelah mendapat laporan dari daerah seluruh Indonesia yang melakukan ru’yatul hilal bil fi’li.

Lebih jauh Kasi Urais menjelaskan, hasil rapat Tim Badan Hisab-ru’yat Kab. Lumajang, juga menyimpulkan, tinggi hilal pada hari Selasa, 10 Agustus 2010 berdasarkan hisab, posisinya sudah di atas ufuk 2 derajat, 18 menit, 39 detik. Bahkan hasil perhitungan tim, menghasilkan, pada hari Selasa itu, tinggi hilal di atas ufuk bisa 3 drajat lebih. Sedangkan lama hilal di atas ufuk sehinga dapat dilihat dengan mata telanjang, berlangsung sekitar 11 menit 26 detik.

Namun, khusus untuk datangnya waktu shalat maghrib saat umat Islam berbuka puasa, sudah dapat dilihat jadwal imsakiyah yang dikeluarkan Kementrian Agama Kantor Kab. Lumajang. Hanya saja, persoalannya yang perlu dipahami umat Islam di Kab. Lumajang, waktu berbuka puasa tidak bersamaan, antara dataran rendah di wilayah ibukota Lumajang, sengan dataran tinggi, seperti wilayah Desa Ranupane dan Desa Argosari. Hal itu, karena perbedaan waktu tenggelamnya matahari dan terbitnya matahari. Selisih waktu antara wilayah Ibukota Kabupaten Lumajang dengan Desa Ranupane dan Argosari, bisa sekitar 5 menit lebih.

Sementara itu, Ustadz Muh. Kun Muhadits, dalam kesempatan itu, menyampaikan, diperkirakan antara dua ormas Islam besar yaitu, Muhammadiyyah dan NU tidak ada perbedaan dalam penentuan awal ramdhan maupun 1 syawal. Hal itu, apabila mengacu pada ilmu astronomi yang digunakan untuk hisab. Namun, tegasnya, yanmg membedakan adalah cara menentukannya.

Adapun mengenai jadwal pelaksanaan ru’yatul hilal bil fi’li sebagaimana tahun-tahun lalu, dilaksanakan dua hari sebelum datangnya awal ramadhan yang diperkirakan dari hasil hisab. Begitu juga dengan ru’yatul hilal bil fi’li menjelang 1 syawal, dilaksanakan dua hari sebelum datangnya 1 syawal yang diperkirakan berdasarkan hasil hisab atau perhitungan secara ilmu falaq. (sl)


Berita Lainnnya :

 Sekapur Sirih
 Lambang Daerah
 Sejarah Lumajang
 Visi Misi
 Eksekutif
 Legislatif
 Kecamatan

 Layanan Perijinan
 Layanan PDAM
 Layanan Perhubungan
 Layanan Tenaga Kerja
 Layanan Perpustakaan
 Layanan Dinas Pasar
 Layanan Kependudukan
 Layanan PD Bank Pasar
 Layanan Bakesbangpol

 RPJMD 2015-2019
 RTRW 2012-2032
 RKPD 2014
 Lumajang Dalam Angka 2014
 Indikator Ekonomi
    Kabupaten Lumajang 2014
 Prestasi Lumajang
 Transparansi Pengelolaan
    Anggaran Daerah

 Dewan TIK Nasional
 ICT-PURA
 Portal Berita Info Publik

04 Desember 2014
PENYERAHAN AMBULAN DESA DAN AMBULAN POKESTREN

04 Desember 2014
BHAKTI SOSIAL DHARMA WANITA

01 Desember 2014
UPACARA MEMPERINGATI HUT KORPRI TAHUN 2014

Indeks Agenda

Ariny Kusumawati :
di  Jl.musi ds.sumberejo kec.sukodono - lumajang
17 Desember 2014

bagaimana cerita awalnya saya tidak tahu. yg pasti skr jalan menuju rmh sy (dsn.blimbing rt.16 rw.04 pndduk biasa mnyebut "rowocangkring) sangat mmprihatinkan. dg byk batu2 tertancap ditanah seperti a

RAMADANA ALDINO SUSILO :
di  Desa Kaliuling Kec.Tempursari
17 Desember 2014

Selamat pagi Lumajang mari kita jalani kegiatan pagi ini dengan penuh semangat....Nikmati pagi ini dengan penuh cinta.berterimah kasih atas semua dan kita syukuri semua yang ada.. :) :)

rena :
di  jl hayam wurukl
15 Desember 2014

bupati lumajang iini sekarang siapa????????????????

adek :
di  pasirian
15 Desember 2014

iya... kalau yg melihat sedikit kasihan peserta pawainya , apalagi peserta dari sekolah/ pelajar bagus bagus sayang kalau kemalaman, sy yg dari desa gak bisa nonton krn terlalu kemalaman

adit :
di  Lumajang
15 Desember 2014

pawainya bagus 2 lumajang hebat .... tapi kedepan berangkat lebih pagi 09.00 saja kalo terlalu malam yg melihat sedikit dan gelap , meski lelah kalo yg lihat banyak bisa jd obat dan kebanggan , kalo

leli :
di  Lumajang
15 Desember 2014

yang hijau hijau jangan dipangkas habis ... soalnya cari yg teduh teduh di kota agak sulit... yang di toga menuju jl. GM wis gak indah lagi ... k u m u h ..... dan dibiarkan saja kalau ada yg membakar

ana  :
di  lumajang
15 Desember 2014

tapi kenapa mangkasnya banyak banget... jadi panas dan gak indah lagi .....



Kirim Salam
HIT COUNTER