Home | Pengaduan | Space Iklan |   Sabtu, 26 Juli 2014 

HIT COUNTER
 Sekapur Sirih
 Lambang Daerah
 Sejarah Lumajang
 Visi Misi
 Eksekutif
 Legislatif
 Kecamatan
 Layanan Perijinan
 Layanan PDAM
 Layanan Perhubungan
 Layanan Tenaga Kerja
 Layanan Perpustakaan
 Layanan Dinas Pasar
 Layanan Kependudukan
 Layanan PD Bank Pasar
 Layanan Bakesbangpol
 Inpres No 3 Thn 2003
 Dewan TIK Nasional
 ICT-PURA
 Portal Berita Info Publik
 Transparansi Pengelolaan
    Anggaran Daerah
Anas M :
di  Pasrujambe
26 Juli 2014

Salam buat warga Lumajang semua, setelah beribadah bulan suci ramadan dengan berpuasa, mari kita sambut kehidupan lebih baik, beraktivitas dengan menerapkan nilai nilai agama dan budaya yang sesuai de

yudhi :
di  bontang kaltim
25 Juli 2014

ass wrb, piye kbre lumajang rek khususnya teman2 yg di ran2gung, nich kirim salam dari jauh dan salam kenal buat semua. trims

Ahmad :
di  Yosowilangun
25 Juli 2014

Buat samsat lumajang, kapan plat nomornya? mulai oktober 2013 kmarin blum selesai. janjinya mau d hubungi. kpan dah 5 kali, Saya nanya hanya janji doang. mhon d tndak lanjuti.

Ahmad :
di  Yosowilangun
25 Juli 2014

Buat samsat lumajang, kapan plat nomornya? mulai oktober 2013 kmarin blum selesai. janjinya mau d hubungi. kpan dah 5 kali, Sayj nanya hanya janji doang. mhon d tndak lanjuti.

Hamid, ST,M.Si :
di  Dishub Kota Samarinda.Jl.MT.Haryono
24 Juli 2014

Selamat menjalankan puasa tuk teman 2 di Lumajang buat Alumni SMP Islam angk. 1984 dan 1985 semoga reuninya nanti tgl. 31 juli tetap meriah walaupun kami gak bisa hadir.

suntoko :
di  hotel palm Bondowoso
23 Juli 2014

Mohon Bantuan alamat travel dan alamat emailnya di Kota Lumajang,supaya kami bisa kerjasama antara wisata Bondowoso dan Lumajang,.NB.kami Asli Tp.sari Sari Lumajang ... bisa di Kirim Ke Email Kami,su

yudi :
di  sukodono
23 Juli 2014

pasang tv kabel area sukodono mana pusatnya...trims


Kirim Salam     
 Username : 

 Password  :   
22 Juli 2014
Pengajian Umum memperingati Nuzulul Qur'an

21 Juli 2014
Pemberian Bantuan di Bulan Ramadhan

21 Juli 2014
Apel Siaga Operasi Lilin Semeru

Indeks Agenda   
    Potensi Pertambangan

          Wilayah Kabupaten Lumajang mempunyai potensi bahan galian golongan C yang sangat besar dan berlimpah, selain bahan galian golongan C juga terdapat bahan galian golongan B, bahkan tidak menutup kemungkinan juga terdapat bahan galian golongan A. Namun untuk potensi Bahan Galian Golongan A, pada kenyataanya data dan informasinya masih sangat minim, sehingga perlu adanya kerja sama dengan pihak swasta untuk dilakukan survey dan penelitian lebih lanjut. Dan diharapkan agar nantinya dapat menarik investor untuk mau menanamkan modalnya pada sektor pertambangan di Kabupaten Lumajang.


Potensi Bahan Galian Golongan C
          Bahan Galian Golongan C di Kabupaten Lumajang dijumpai variasinya terbatas namun mempunyai potensi yang sangat besar, data dan informasi untuk bahan galian golongan C, meliputi : lokasi keterdapatan, jumlah cadangan, dan mutunya.

          Keberadaan Gunung tertinggi di Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang mendorong dan membawa berkah dengan berlimpahnya bahan galian golongan C khususnya jenis pasir, batu, coral dan sirtu yang tak pernah habis dan berhenti mengalir. Potensi bahan Galian golongan C jumlahnya akan bertambah terus sesuai dengan kegiatan rutin Gunung Semeru yang mengeluarkan material kurang lebih 1 (satu) juta M3/tahun. Bukan saja kuantitasnya yang sangat besar namun kualitasnya juga sangat baik dan terbaik di Jawa Timur. Berbagai penelitian menyimpulkan, unggulnya kualitas pasir gunung semeru karena kandungan tanah (lumpur) sedikit, butiran pasirnya standart serta warna dan daya rekatnya yang baik.

          Lokasi keterdapatan penambangan pasir dan batu cukup banyak, diantaranya di sepanjang Sungai/Kali Rejali, Kali Regoyo, dan Kali Glidig. Tepatnya berada di Kecamatan Candipuro, pasirian, dan Tempursari dan Pronojiwo Areal bahan tambang/galian pasir dan batu bangunan 82,50 ha dengan volume 5.976.625 m. Areal pasir dan batu yang di eksploitasi baru 15 ha dengan volume 239.065 m atau hanya 4% dari kapasitas yang tersedia.

Potensi Bahan Galian Golongan C wilayah Selatan Kabupaten Lumajang

NO LOKASI / SUNGAI ENDAPAN JENIS TAMBANGLOKASI KECAMATAN
VOL (M3) LUAS (M2)
1   Kobo'an I / S. Rejali 800.000  142.000   Pasir  Pronojiwo
2   Leprak I / S. Rejali 120.000  47.300   Krikil  Candipuro
3   Leprak II / S. Rejali 100.000  35.700   Batu  Pasirian
4   Kantong Lahar Sumber
  Wuluh / S. Rejali
5.000.000  204.500   Pasir  Candipuro

Selain endapan tersebut diatas, masih terdapat cukup besar endapan material disepanjang sungai diwilayah lain Kabupaten Lumajang.


Pasir Besi dan Emas
          Kabupaten Lumajang mempunyai potensi cadangan pasir besi paling luas di Indonesia. Demikian menurut survey beberapa investor yang datang. Area pasir yang mengandung zat besi itu bisa mencapai 60 ribu Ha. Selain itu rata-rata kadar besinya antara 30 hingga 40 persen. Areal tambang pasir besi membentang luas dan memanjang di pantai selatan. Kabupaten Lumajang kaya akan pasir besi ini lantaran pernah mendapat muntahan dari gunung Semeru. Kemudian dibawa air sungai hingga ke laut. Muntahan gunung ini membawa partikel zat besi, sehingga kemudian menjadi pasir besi di tepi pantai.

          Pasir Besi di pantai selatan Kabupaten Lumajang, hasil survey kualitasnya terbaik di negeri ini. Sayangnya, belum diketahui banyak pihak sehingga yang mengelola di Pantai wot Galih hanya satu tangan, itupun yang menggarap bukan orang pertama. Areal tambang pasir besi mencapai 2.650 ha. Lokasinya memanjang dalam satu deret di sepanjang pantai selatan. Tepatnya, di pantai selatan Kecamatan Yosowilangun, Kecamatan Kunir, Kecamatan Tempeh dan Kecamatan Pasirian.

          Jalan menuju ke lokasi sudah tersedia, tinggal menyediakan basc camp agar dapat memindah hasil penyulingannya kelokasi lain lebih mudah ke arah pengiriman. Bagi investor dijanjikan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang bakal mendapat kemudahan, baik perijinan, sarana jalan, dan sebagainya. Penambangan di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun seluas 504,4 ha ( 20% dari kapasitas yang tersedia). Dari luas tersebut memiliki kapasitas produksi 115.200 ton per tahun. Diperkirakan 10 tahun ke depan memiliki kapasitas produksi 1.136.200 ton.

          Disamping pasir besi Kabupaten Lumajang tersedia potensi Tambang Emas. Setidaknya ada 2 Desa yang dinyatakan memiliki kandungan emas. Yaitu Desa Bulurejo, dan Desa Oro-Oro Ombo, keduanya berada di Kecamatan Tempursari, 60 Km dari jantung kota Lumajang. Asumsi tersebut didasarkan pada surat Direktorat Teknik Pertambangan Umum No. 1638/2013/DPT/1996 tanggal 25-06-1996 dan Surat Bupati lumajang No. 545/1571/434.51/1996 yang dinyatakan bahwa kedua desa tersebut memiliki kandungan emas.


Sumber data : Bagian Ekonomi Kabupaten Lumajang